RADIO AL HAMZAR



SIARAN LANGSUNG

RADIOALHAMZAR.COM, Lombok Timur – Sebanyak 12 siswa SMK Kesehatan Hamzar Maraqitta’limat Pringgabaya Lombok Timur sedang menjalani Praktek Kerja Lapangan (PkL) di Puskesmas Suela. Acara serahterima siswa PKL sendiri telah dilaksanakan kedua belah pada Sabtu (20/2) lalu.

Selain dihadiri Kepala Sekolah SMK Kesehatan Hamzar Pringgabaya dan Kepala Puskesmas Suela, turut menyaksikan para guru pembimbing dan Kepala Puskesmas Batuyang Lombok Timur.

Menurut H. Marsukin Mr,S.Pd., MM selaku Kepala Sekolah SMK Kesehatan Hamzar, kegiatan PKL ini merupakani program menambah nilai kerja yang di implementasikan dilapangan. Diharapkan PKL ini dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya agar diperoleh hasil maksimal berupa peningkatan kemampuan dan keterampilan sebagai bagian atau modal dasar untuk berkiprah lebih banyak lagi di bidang kesehatan. Kegiatan ini sebagai kesempatan siswa-siswi untuk menambah pengalaman bekerja di bidang keperawatan dan kesehatan. ’’Kepada seluruh siswa-siswi yang mengikuti PKL agar bersungguh-sungguh menimba ilmu saat praktek yang langsung terjun di masyarakat, pelajari sebanyak-banyaknya, jaga diri dan almamater sekolah sehingga siswa-siswi bisa mengerti tentang pelayanan kepada masyarakat karena itu bekal dimana kedepannya akan diaplikasikan di dunia kerja.,”jelasnya.

Serahterima siswa PKL SMK Kesehatan Hamzar di Puskesmas Suela, Sabtu(20/2) l foto: Diendy

Pihaknya menyampaikan terimakasih kepada Kadis Dikes Lotim yang telah mengeluarkan izin PKL di PKM Batuyang dan PKM Suela.”Terima kasih juga saya ucapkan ke bapak pembimbing Lapangan (H.Junaidi,S.Kep) yang telah banyak membantu siswa/i yang PKL terutama dalam hal ilmu kesehatan yang dimilikinya banyak ditransfer demi keberhasilan SMK Kesehatan Hamzar,’ungkapnya seraya memberikan semangat dan motivasi kepada siswanya mengutip ungkapan Ners. Hamdan, S.Kep salah seorang pengajar di SMK Kesehatan Hamzar,. “Siswa SMK harus lebih profesional serta mengacu pada Kompetensi yang ada agar sesuai dengan motto SMK BISA, SMK HEBAT. Dan tidak boleh keluar dari etika keperawatan. Jagalah etika ketika bersama senior yang ada di PKM dan jangan lupa 3M. memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak,”imbuhnya.

Sementara itu, H.Muhsin,S.Kep.Ners. selaku Kepala Puskesms Batuyang mengharapkan agar siswa SMK terus belajar dan melanjutkan pendidikannya ke perguruan yang lebih tinggi yaitu STIKes Hamzar dan lainnya.

Sedangkan H.Bardan Agus salim,S.Kep selaku Kepala Puskesmas Suela menyebutkan bahwa SMK kesehatan Hamzar adalah salah satu lembaga di Yayasan Maraqitta’limat yang mampu menjalin hubungan dengan pihak PKM se-Lombok Timur dibawah binaan Dikes Lotim.

Salah seorang alumni yang juga Ketua PKL
Mardiana menyatakan bangga sekolah di SMK Kesehatan Hamzar Maraqitta’limat Pringgabaya karena sebelum masuk kuliah di Stikes Hamzar, dirinya sudah banyak mendapat ilmu khususnya ilmu kesehatan. “Dengan keadaan sekolah yang belum bisa memadai sekolah lain, kami belajar dengan peralatan seadanya. Namun keyakinan, usaha dan kegigihan kami dalam menuntut ilmu serta bapak dan ibu guru yang selalu sabar membimbing membuat keyakinan kami semakin kuat bahwa SMK Kesehatan Hamzar pasti akan menghasilkan penerus bangsa yang kompeten dan bertanggung jawab. Saya berharap untuk adik-adik yang lulus dari Smp/Mts agar bisa melanjutkan pendidikannya di SMK Kesehatan Hamzar bila mana sekolah kami ini adalah diakui oleh pemerintah dan terakreditasi B,” ungkapnya.

Praktek Kerja Lapangan (PKL) merupakan salah satu kewajiban yang harus diikuti oleh siswa-siswi SMK Kesehatan Hamzar Maraqitta’limat Pringgabaya, guna mendukung berhasilnya visi sekolah sebagai lembaga pendidikan yang menghasilkan lulusan yang unggul dan mampu bersaing di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi kesehatan serta pengelolaan sumber daya manusia khususnya dalam bidang kesehatan sesuai batas waktu yang telah ditentukan. Puskesmas Suela dan Batuyang meupakaan lahan praktek siswa SMK Kesehatan Hamzar Pringgabaya yang telah disepakati dalam bentuk kerja sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Timur. (Diendy)