RADIO AL HAMZAR



SIARAN LANGSUNG

Kegiatan Operasi katarak yang dilaksanakan Korem 162/Wirabakti bekerjasama dengan Walubi dan Pemerintah Kabupaten Lombok Timur berjalan sukses dan lancar. Tidak kurang dari 1000 penderita Katarak  mendapat layanan gratis pada kegiatan yang  dihajatkan dalam rangka peringatan Hari Juang Kartika, Hari Kesehatan Nasional dan Hari Pahlawan 10 November 2019 yang dipusatkan di Wilayah Kecamatan Labuan Haji, Lombok Timur.

Radio Al Hamzar –  Dalam sambutannya pada penutupan Kegiatan Operasi Katarak Gratis yang dipusatkan di Rumah Sakit Islam Harapan Kita Labuan Haji, Minggu (10/11), Komandan Korem 162/WB  Kolonel Czi H. Ahmad Rizal Ramdhani S.sos M Han mengungkapkan bahwa Indonesia merupakan Negara dengan penderita katarak terbesar di dunia. “Harapan kita semua Untuk sama sama menuntaskan dan mengurangi warga yang menderita Katarak,”ujarnya.

Diungkapkan,mata adalah panca indra yg utama. Matai memerintahkan otak untuk bisa bergerak kemana mana. “Oleh karena itu dengan harapan kepada masyarakat agar lebih sehat, kuat, sehingga masyarakat NTB menjadi sehat,”tegasnya.

Hal senada diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan Lombok Timur, dr Hasbi yang menyampaikan ucapan terimakasih kepada Jajaran Korem, Dandim dan semua pihak yang tidak dapat disebutkan satu persatu atas segala dukungannya sehingga kegiatan operasi katarak gratis dapat berjalan dengan lancar.”Atas nama pemerintah daerah dan khususnya Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Timur Kami mengucapkan terima kasih kepada bapak Indra dan seluruh jajaran dan juga kepada Bapak Danrem yang telah memberikan kita kesempatan untuk layanan operasi mata katarak di Lombok Timur,”ujarnya.

Disebutkan,  Lombok Timur secara statistik dari populasi, hampir 4% di wilayah selatan, warganya menderita katarak. “Kami dari Pemerintah Lombok Timur khususnya Dinas Kesehatan sudah berapa kali bekerja sama dengan banyak yayasan yang melakukan operasi katarak Lombok Timur tapi terus terang kami masih jauh Tertinggal,”paparnya seraya mengharapkan melalui operasi katarak gratis dimaksud, sedikit menekan angka penderia Katarak. “Apabila ada teman kita yang belum punya kartu BPJS dan yang tidak punya KIS Kartu Indonesia Sehat bila terdaftar di kartu keluarga, mulai bulan Januari 2020 bayar BPJS nya untuk seumur hidup,”imbuhnya.

Bupati Sampaikan Ucapan Terimakasih

Sementara itu, Bupati Lombok Timur HM Sukiman Azmy menyampaikan ucapan terimakasih atas terlaksananya operasi katarak mata gratis.”Terima kasih kepada bapak ibu khususnya dr. Rendra beserta Danrem 162 dan komunitas yang telah berkenan membantu masyarakat kami di Lombok Timur mudah-mudahan apa yang sudah diberikan tercatat sebagai amal ibadah di sisi Tuhan yang maha kuasa ,”ungkap Bupati.

Bupati juga menyinggung status Rumah Sakit islam Harapan Kita Labuan Haji yang masih status tipe D. “Kita akan menaikkan statusnya menjadi Tipe C lalu kemudian Rumah Sakit Umum Selong itu tipenya C kita akan naikan menjadi tipe B dengan demikian harap nanti tidak perlu lagi masyarakat Lombok Timur itu berobat sampai di Mataram,”harapnya.

 Kegiatan bakti sosial Operasi Katarak Kwalitas Tingkat Tinggi, Lensa Akurat gratis oleh Pemerintah Kabupaten Lombok Timur, di dukung oleh Korem 162/WB, pemeriksaan dan Operasi  dilaksanakan pada  08 s/d 10 Nopember 2019 ( Jumat – Minggu ) pukul 08.00 s/d 20.00 Wita.

Hadir dalam acara penutupan tersebut Komandan Korem 162/WB Kolonel Czi H. Ahmad Rizal Ramdhani S.sos M Han, Bupati Lotim H. Sukiman Azmy MM,  Dandim 1615/Lotim Letkol Inf Agus Prihanto Donny S.sos, Kapolres Lotim AKBP Ida Bagus Made Winarta S.IK,

Kasi Intel Korem 162/WB Mayor Inf Hendra Lesmana, Kasdim 1615/Lotim Mayor Inf Arifianto, Danramil 1615-08/Labuhan Haji Kapten Inf Bima Sakti, Ketua DPRD II Kab Lotim, Kadis Kesehatan Lotim Dr. H. Hasbi, Direktur Rumah Sakit Islam Harapan Kita Dr. Sidarta, Dr. Indra Wahidi A New Vision Indonesia dan tamu undangan jumlah kurang 260 orang. (*)