RADIO AL HAMZAR



SIARAN LANGSUNG

RADIOALHAMZAR.COM, Mataram – Dai Muda Ustadz Muhammad Rizky Hamzar HK, M.A. mengakhiri masa lajang dengan mempersunting kekasih hatinya Kharisma Rindang  Sejati, M.E. Acara akad nikah dan resepsi perkawinan telah dilangsungkan pada Sabtu, 24 Oktober 2020 atau bertepatan dengan 7 Rabiul Awal 1442 H mulai Pkl. 08.00 Wita hingga selesai bertempat di Narmada Convention Hall Mataram, Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Ustadz Muhammad Rizky Hamzar HK, M.A., merupakan putra bungsu dari Anggota DPRD NTB yang juga Ketua Dewan Pembina Yayasan Maraqitta’limat Nusa Tenggara Barat DR. TGH. Hazmi Hamzar, S.H., M.H., CIL dan Hj. Kokom Komariah SH. Sedangkan Kharisma Rindang Sejati ME merupakan putri bungsu dari mantan Anggota DPRD NTB H Burhanuddin, S.Sos, M.M., dan Hj. Kiswaningrum.

Sebelum dimulainya prosesi akad nikad, dilakukan prosesi penyerahan calon mempelai pria kepada keluarga besar calon mempelai wanita.

Penyerahan calon mempelai pria dipimpin oleh TGH Suhaimi Adnan atas nama Keluarga Besar TGH Hazmi Hamzar SH MH CIL. Sedangkan penerimaan calon mempelai pria oleh Zainuddin MSc atas nama keluarga besar calon mempelai wanita.

Akad nikad diawali dengan Pembacaan ayat suci Al Quran oleh Ustadz H Sabarudin MPd. Dilanjutkan Khutbah nikah disampaikan oleh Al Mukarom DR. KH Zaidi Abdad, M.A., yang merupakan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Khutbah Nikah

Dalam khutbah nikahnya kepada kedua calon mempelai, DR KH Zaidi Abdad MA menyampaikan pesan-pesan tentang pernikahan. “Kepada Saudara Muhamad Rizky dan Saudari Kharisma Rindang Sejati . Anda berdua sebentar lagi akan melangsungkan akad nikah. Ingat bahwa, pertemuan pada hari ini sesungguhnya ada faktor penentu. Dialah Allah SWT. Dialah yang menentukan takdir anda di tempat ini. Sehingga anda bertemu dan akan menjadi pasangan suami isteri. Bisa kita bayangkan dan kita lihat di luar sana. Banyak orang yang lama berpacaran tetapi tidak sampai  berlanjut ke pernikahan. Oleh karenanya, ini adalah Qada dan Qadar Allah kepada anda berdua. Ini adalah pengalaman hidup yang sangat berharga bagi anda berdua. Banyak bersyukur kepada Allah, maka Insyaallah rumah tangga anda mendapat keberkahan.

Khutbah nikah oleh DR KH Zaidi Abdad,MA

Yang kedua, ketahuilah bahwa, setelah akad nikah dilakukan maka terjadi perpindahan pertanggungjawaban kepada Mas Rizky. Selama ini mungkin, Mbak Kharisma selalu dielu-elukan sama orang tuanya, dididik orang tua dan seterusnya. Tetapi hari ini, setelah akad nikah, terjadi perpindahan pertanggungjawaban  oleh kedua orang tua. Amanah ini tidak saja dari orang tua, tetapi juga dari Allah SWT.  Itulah sebabnya, Baginda Rasulullah mengingatkan kita semua. Wahai Manusia, Takutlah kalian dalam urusan wanita. Karena sesungguhnya kalian mengambil wanita itu adalah menjadi amanah Allah SWT. Oleh karena ini amanah, maka akan dipertanggungjawabkan di hadapan Allah SWT.

Maka, kita semua yang hadir  mendoakan kepada kedua mempelai. Mudah-mudahan Allah memberikan rahmat dan karuniaNya. Menjadikan kalian  keluarga yang Sakinah Mawaddah warahmah, senantiasa menjaga amanah Allah SWT.

Yang terakhir, ingin saya sampaikan bahwa  anda ketika nanti melakukan nikah berarti telah separuh menyempurnakan agama anda. Kata Nabi, Siapa saja yang menikah dengan aturan syariat yang diajarkan Rasulullah SAW, Maka sesungguhnya telah menyempurnakan agamanya. Maka separuh itulah digunakan untuk beribadah kepada Alllah SWT. Mudah-mudahan anda diberikan kekuatan oleh Allah SWT untuk bisa membina keluarga sakinah, menuntun isteri anda. Dan Mbak Kharisma agar senantiasa taat kepada suami anda.  Dengan cara demikianlah, akan lahir keluarga yang penuh kedamaian, kesakinahan di bawah naungan panji-panji Allah SWT,”tandas KH Zaidi Abdad mengakhiri khutbahnya.

Prosesi Ijab Kabul

Prosesi Ijab Kabul antara wali dengan calon mempelai pria   dipandu oleh Drs H Fathurahman, Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Selaparang, Mataram. IKut menyaksikan proses akad nikah sekaligus memimpin doa yakni Al Mukarom TGH Lalu Muhammad Turmudzi Badarudin, Pimpinan Ponpes Qumarul Huda Bagu Lombok Tengah.  Hadir juga sebagai saksi dan ikut  menandatangani berita acara ijab Kabul kedua mempelai yakni Rektor UIN Mataram Prof.  DR. H. Muttawali dan Rektor Universitas Mataram Prof DR.  H. Lalu Husni, S.H., M.Hum.

Usai Ijab Kabul, dilanjutkan dengan serahterima mahar berupa emas 50 gram dan pemasangan cincin kawin antara kedua mempelai. Setelah itu, penyerahan buku nikah  oleh Kakanwil Kementerian Agama Provinsi NTB DR KH Zaidi Abdad MA kepada kedua mempelai dan memberikan pesan agar buku nikah jangan sampai hilang.”Saya akan menyerahkan SIM, ini tidak boleh dihilangkan. Jangan nambah lagi, cukup satu saja.  ikuti ayahanda ya. Semoga berkah, semoga ini selama-lamanya,”harapnya.

Prof DR Masnun Sampaikan Sambutan Keluarga

Sementara itu,sambutan atas nama Keluarga besar kedua mempelai disampaikan oleh Prof DR Masnun, Ketua DPW NU NTB yang menyampaikan beberapa hal penting. “Saya mewakili. Kebetulan TGH Hazmi Hamzar adalah guru kami, keluarga besar kami. Kanda Burhanudin adalah senior kami. Jadi, Kedua mempelai ini adalah keluarga besar UIN Mataram. Disatukan di UIN Mataram lahir dan bathin. Ini urusan domestik dan publik. Berjamaah di Jamiah UIN Mataram. Jadi atas nama keluarga besar, kami mengucapkan banyak terimakasih kepada para tamu undangan dan petugas. Kemudian semua handai tolan yang ikut menyaksikan dan mendoakan kedua mempelai. Mudah-mudahan terbangun keluarga Sakinah Mawaddah Warahmah. Kurang lebihnya mohon maaf. Terimakasih,”tutupnya.

Sungkeman Mempelai Kepada Orang Tua

Usai sambutan keluarga yang disampaikan Prof DR Masnun, acara dilanjutkan dengan prosesi sungkeman  mempelai pria dan wanita  kepada kedua orang tua. Acara sungkeman berlangsung penuh haru. Secara bergiliran kedua mempelai bersimpuh di hadapan orang tua. Menyampaikan permohonan maaf, terimakasih dan mohon doa restu. Untaian narasi yang bacakan pembawa acara semakin menambah kekhusukan yang mendalam penuh makna.

Resepsi Perkawinan

Usai akad nikah, acara dilanjutkan dengan resepsi pernikahan yang dihadiri ratusan tamu undangan dengan menerapkan standar protokol kesehatan Covid 19 yang ketat. 

Dalam pantauan RADIOALHAMZAR.COM, tamu undangan yang hadir mencapai ribuan sejak acara akad nikah hingga resepsi perkawinan. Tampak hadir, Gubernur NTB DR H Zulkieflimansyah MSc beserta jajaran Forkopimda Lingkup Pemprov NTB, Kapolda NTB Irjen Pol M. Ikbal, Pimpinan dan anggota DPRD NTB,  Hadir pula pimpinan perguruan tinggi se-NTB, para ulama, Kyai dan Tuan Guru, para bupati dan walikota dan tamu undangan lain yang tak bisa disebutkan satu-persatu.” Mohon maaf lahir batin tidak bisa mengundang bapak ibu saudara semua karena covid19. Doakan semoga menjadi keluarga sakinah mawadah warohmah,”kata DR TGH. Hazmi Hamzar SH MH CIL atas nama keluarga besar kedua mempelai.”Sekali lagi terimakasih dan mohon maaf lahir bathin,”tulisnya melalui pesan singkat kepada RADIOALHAMZAR.COM

Profil  Kedua Mempelai

Mempelai pria Ustadz Muhammad Rizky Hamzar HK, MA adalah putra bungsu, buah kasih belahan jiwa dari pasangan DR TGH Hazmi Hamzar SH MH CIL dan Hj Kokom Komariyah SH yang lahir di Mataram, 28 tahun silam atau tepatnya 21 April 1992. Akrab disapa Ustadz Rizky, menamatkan pendidikan pascasarjana (S2) di Timur Tengah, tepatnya di Maroko University dan saat ini sedang menyelesaikan pendidikan Doktoralnya di kampus yang sama. Sementara mempelai wanita Kharisma Rindang Sejati ME merupakan putri bungsu pasangan H Burhanuddin SSos MM dan Hj. Kiswaningrum yang lahir di Mataram 27 tahun silam atau tepatnya pada  1 Juni 1993. Kedua mempelai saat ini sama-sama menjadi dosen di Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram. Selamat menempuh hidup baru untuk kedua mempelai. (Editor RAH)