RADIO AL HAMZAR



SIARAN LANGSUNG

Selong,radioalhamzar.com – Sebagai lembaga penyiaran swasta yang bersiaran di jalur digital, Radio Al Hamzar  berinisiatif menggelar pelatihan jurnalistik dasar yang ditujukan bagi pejabat humas dan atau guru madrasah se-Pulau Lombok. Rencananya, kegiatan ini akan dilaksanakan pada Kamis, 12 Desember 2019 mulai Pkl.08.30 Wita hingga selesai bertempat di Aula STIKES Hamzar Mamben Lombok Timur.”Inshaallah, siap,”kata Ustadz Rusdianto SPd, Ketua Panitia Pelaksana Pelatihan, Selasa (10/12).

Dikatakan, Pelatihan ini dimaksudkan untuk memberikan pemahaman yang memadai kepada para peserta tentang regulasi di bidang media massa, khususnya media siber yang sekarang mewabah seiring dengan perkembangan teknologi digital yang semakin pesat.”Institusi pendidikan seperti Madrasah juga harus bisa mengambil dan memanfaatkan perkembangan teknologi digital yang tidak bisa kita hindari, terutama keberadaan telepon pintar yang sudah menjadi kebutuhan setara sembako,”jelas Penanggungjawab Siaran Radio Al Hamzar ini.

Adapun narasumber yang akan mengisi materi antara lain Ketua Komisi Penyiaran Indonesia Daerah Nusa Tenggara Barat, Yusron Saudi, ST,MPd dengan materi berjudul Tantangan Media Dakwah dalam Era Konvergensi, Telaah Kritis Regulasi Penyiaran dan Pers. Kemudian Sukri Aruman, Direktur Eksekutif RMC Network Mataram yang juga Konsultan Media Radio Al Hamzar yang akan memaparkan materi bagaimana menjadi kontributor media siber.”Kita juga mengundang Direktur Eksekutif Selaparang TV untuk bercerita bagaimana pengalaman mengelola media publik, dan tak kalah serunya ada Pak Arwan Syahroni, jurnalis senior yang juga anggota KPID NTB, akan bercerita tentang kiat praktis bagaimana menulis berita dan siaran pers untuk media online,”ulas Rusdianto.

Rusdianto,SPd, Ketua Panitia Pelatihan

Terkait peserta, Rusdi menyebutkan, tidak kurang dari 40 peserta utusan madrasah dari tingkat ibtidaiyah hingga aliyah sederajat se-Pulau Lombok dipastikan akan hadir mengikuti pelatihan ini sebagai peserta aktif.”Pesertanya kebanyakan guru madrasah yang bernaung di bawah Yayasan Maraqitta’limat. Pokoknya ada utusan dari seluruh kabupaten se-Pulau Lombok,”tandasnya.

Sementara itu, Ketua Dewan Pembina Yayasan Maraqitta’limat DR TGH Hazmi Hamzar berharap pelatihan ini akan mampu menghasilkan penulis dan jurnalis pemula berbakat yang kelak akan menjadi komunitas penulis buku tentang Kemaraqitta’limatan.”Nanti kita akan dorong mereka menulis apa saja seputar dinamika di sekolah masing-masing termasuk berlomba-lomba menulis tentang sejarah perkembangan ajaran Maraqitta’limat di tempat asalnya,”tegasnya.

Tuan Guru juga berharap keberadaan lembaga penyiaran Radio Al Hamzar dan Media Siber www.radioalhamzar.com dapat dimaksimalkan sebagai media dakwah, media silaturahmi dan komunikasi ummat Islam pada umumnya dan jamaah Maraqitta’limat pada khususnya.”Ke depan tentu kita ingin memaksimalkan siar islam melalui syair, nada dan dakwah yang disiarkan Radio internet Al Hamzar dapat berkembang pesat, seiring dengan pembangunan pusat kegiatan ummat Al Hamzar Islamic Centre di Tembeng Putik, Wanasaba. Mudah-mudahan, dapat berjalan lancar sesuai harapan jamaah,”pungkasnya. (RA-01)